Awan dan Hujan


PEMBENTUKAN AWAN
DAN
HUJAN
 (SIKLUS HIDROLOGI)





PEMBENTUKAN AWAN

Secara ringkas, salah satu syarat terjadinya awan adalah naiknya massa udara ke atmosfer dan membawa serta uap air (suhu udara yang naik lebih rendah dari suhu udara lingkungan). Agar uap air diudara dapat terbentuk menjadi butir air, selanjutnya menjadi hujan haruslah terdapat uap air, inti-inti kondensasi, serta adanya proses pendinginan.

Apa itu Awan?

Awan, kumpulan bintik-bintik air yang melayang-layang di udara setelah mengalami kondensasi (proses perubahan uap air menjadi air atau larutan) dengan ukuran yang masih relatif kecil.
awan mempunyai manfaat yaitu sebagai unsur cuaca/iklim dan sebagai pengendali cuaca/iklim. Sebagai pengendali cuaca/iklimnya,  awan merupakan sumber air bagi terjadinya hujan.

o Tipe-tipe Awan
Dikelompokkan menjadi 4, antara lain:
a. Awan Tinggi dengan ketinggian > 6000 meter, suhu sangat rendah.
b. Awan Sedang/pertengahan dengan ketinggian 2000-6000 meter.
c. Awan Rendah dengan ketinggian 200 meter
d. Awan yang Berkembang Vertikal (Cumlus dan Cumulonimbus)



Lalu bagimana antara pembentukan awan dengan hujan?

o Presipitasi
Adalah bentuk umum dari semua bentuk air yang jatuh dari atmosfer ke permukaan bumi. Perlu di ketahui presentasi bukan hanya hujan, melainkan dapat beberapa bentuk, antara lain: kabut, embun smog, glaze, salju, hail, graupel, sleet, dew, rime dan kepingan salju.

o Siklus Hidrologi (Proses Presipitasi)

Proses –proses yang terjadi antara lain :
1.    Plant uptake
2.   Transpirasi
3.   Evaporasi
4.   Kondensasi
5.   Presipitasi
6.   Run off
7.   Infiltrasi

Penjelasan:
Yang mana dalam prosesnya dimulai pada plant uptake, yaitu penyerapan air oleh akar tumbuhan yang dibantu oleh akar, yang nantinya air tersebut akan dialirkan keseluruh bagian tumbuhan hingga ke permukaan daun. Setelah air sampai di permukaan daun, nantinya daun akan melakukan transpirasi (Penguapan). Hasil penguapan oleh tumbuha ini akan naik ke udara bergabung oleh penguapan yang diakibatkan peningkatan lingkungan yaitu penguapan di permukaan tanah serta permukaan air (Sungai, laut, danau, dll) yang disebut evaporasi. Penguapan yang telah bergabung diatmosfer selanjutnya melakukan  kondensasi hingga membentuk awan, awab akan bergerak k eke daerah bertekanan rendah untuk melakukan presipitasi (Hujan). Selanjutnya presipitasi tersebut akan mengalir diatas permukaan (Run Off) seperti di aliran sungai, sebagian akan masuk kedalam tanah melalui pori-pori tanah (Infiltrasi)

Komentar